POSTINGAN

Apakah AI - Artificial intelligence Dapat Menggantikan Pekerjaan Manusia?

Roadmap untuk menjadi seorang Cloud engineer




Apa itu cloud engineer?

Cloud Engineer bertanggung jawab atas tugas teknis seperti merancang, merencanakan, mendukung, dan memelihara layanan dan sistem Cloud Computing.

Cloud Engineer harus memiliki pengetahuan luas tentang infrastruktur OpenStack dan harus mampu menggunakan berbagai platform berbasis cloud. 

Insinyur Cloud dapat bekerja sebagai arsitek cloud, insinyur jaringan, atau insinyur perangkat lunak untuk meningkatkan skala layanan yang ada ke dalam cloud.
 
Peran seorang insinyur akan selalu melibatkan penelitian dan pembelajaran keterampilan TI serta mengasah keahlian baru untuk memenuhi kebutuhan komputasi modern yang berkembang pesat.

Ini melibatkan berbagai tugas seperti jaringan, infrastruktur, manajemen operasi, dan pemantauan sistem. 

Profesional harus memahami sistem komputer lain, termasuk Linux, Windows Server, dan jaringan switch.

Jenis Cloud engineer Cloud Engineers berada di jantung bisnis global dan membantu mengembangkan, memberikan, dan memelihara solusi komputasi awan.


Insinyur cloud dapat ditemukan terlibat dalam tiga bidang keterampilan

berikut:

Arsitek Cloud: 
Arsitek cloud merancang arsitektur dan mengambil tanggung jawab untuk memelihara dan memperluas lingkungan komputasi cloud secara keseluruhan bersama dengan anggota tim lainnya.


Cloud Developer:
Sebagai cloud developer,
Anda adalah bagian dari tim yang mewujudkan visi arsitek.

Anda menggunakan keterampilan pemrograman tradisional dan platform cloud untuk mengembangkan, mengoptimalkan, dan menerapkan aplikasi berbasis cloud.

Cloud Support:
Teknisi Dukungan Cloud bertanggung jawab atas orientasi, pemecahan masalah, dan pemeliharaan solusi komputasi awan. Saat ini, Cloud Support Engineer biasanya berfokus pada penyedia layanan cloud skala perusahaan.

Peran Pekerjaan di Cloud Engineering 

Cloud Engineer memiliki tingkat keahlian yang berbeda-beda berdasarkan jenis solusi yang mereka rencanakan untuk diterapkan.

Sebagai insinyur cloud di posisi awal, Anda akan bekerja sama dengan tim Anda untuk membangun dan mengoperasikan layanan cloud.

Anda diharapkan mengetahui tentang DevOps, penyimpanan, jaringan, dan teknologi komputasi seperti Kubernetes.

Anda akan ditugaskan untuk merancang arsitektur cloud, menerapkan aplikasi di dalamnya, dan memeliharanya dalam kondisi tertentu. 

Insinyur tingkat menengah fokus pada fungsi bisnis. 

Mereka merancang dan membangun solusi yang memerlukan pengetahuan dan pengalaman luas dalam menangani data dalam jumlah besar yang diperlukan untuk menerapkan solusi ini di cloud. 


Insinyur Cloud Senior bertanggung jawab atas semua aspek komputasi awan berbasis cloud. Mereka mengembangkan, merancang, dan memelihara alat, sistem, dan proses otomatis yang membantu membangun layanan perusahaan baru, menguji aplikasi, dll. 

Mereka juga berupaya membangun infrastruktur andal yang dapat ditingkatkan sesuai permintaan, memastikan ketersediaan tinggi di cloud. 



Keterampilan yang harus ada sebagai cloud engineer Cloud menghadirkan tantangan baru bagi industri ini. Arsitektur cloud perlu didukung oleh tim profesional yang memahami cara mendistribusikan beban kerja dan mengelola aplikasi. 

Cloud Engineer bertugas merancang, mengimplementasikan, dan memelihara layanan cloud yang digunakan perusahaan. Seseorang harus fasih dengan keterampilan database dan jaringan dan agak akrab dengan virtualisasi. 

Peran ini memerlukan pengalaman penerapan yang luas, dengan pengetahuan tentang semua arsitektur cloud dan aspek operasi. 

Seseorang juga harus mahir dengan sistem operasi seperti
Linux dan macOS, 
bahasa pemrograman termasuk 
Java, C++, dan Python, 
protokol jaringan seperti TCP/IP, dan database seperti SQL Server atau MySQL.

Career Paths of a Cloud Computing Engineer

Cloud Computing adalah bidang yang memiliki jangkauan luas, menawarkan banyak pilihan pekerjaan bagi calon kandidat. Seorang insinyur cloud bertanggung jawab untuk merencanakan dan merancang jaringan untuk layanan cloud atau perangkat lunak yang digunakan di server cloud. 

Mereka juga memelihara server dan jaringan, memantau sistem, dan memecahkan masalah yang mungkin timbul darinya. 

Mereka dapat mengambil beberapa jalur karir dalam bidang ini,

termasuk:
-Cloud developer
-Front-end/back-end developer
-Full-Stack developer 
-Data Engineer -Security Engineer
-Cloud Architect 
-Solutions Architect 
-SysOps administrator 
-Development operations engineer 



Menjadi Insinyur Cloud Sekarang!

Komputasi awan telah memungkinkan bisnis untuk beroperasi secara mandiri melalui cloud sambil tetap mempertahankan sistem TI yang sama seperti yang biasa mereka gunakan dalam hal komputasi. 


Hal ini telah membuka banyak peluang bagi para insinyur cloud untuk memanfaatkan apa yang dapat ditawarkan oleh teknologi ini kepada klien mereka. 

Namun, dengan pesatnya peningkatan pekerjaan cloud di semua tingkatan dan perusahaan yang terus mengurangi perekrutan di departemen lain, ini adalah saat yang penting bagi calon insinyur cloud. 

Kita tahu bahwa menjadi seorang cloud engineer yang sukses membutuhkan kerja keras, ketekunan, dan semangat

– semua hal yang dapat diberikan oleh industri ini. 

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang cloud, apa artinya bagi karier Anda, atau ingin memulai perjalanan Anda untuk menjadi cloud engineer, kalian bisa ikuti web ini.



Komentar